Loading

Mau Travelling ke Gunung, Persiapkan Perlengkapan Berikut Ini

By admin
on 20 February 2019

Mau Travelling ke Gunung, Persiapkan Perlengkapan Berikut Ini

source cover : https://img-k.okeinfo.net/content/2016/04/09/406/1358447/masuk-hari-ke-3-indofest-2016-banjir-diskon-RRcVtXyFlk.jpg

Travelling ke gunung semakin populer pada era sekarang, karena gunung menawarkan keindahan yang luar biasa dari pemandangan alam yang asri khas pegunungan, landscape, hamparan lautan awan, sunset dan sunrise. Untuk bisa travelling ke gunung dengan nyaman dan aman maka kamu harus mempersiapkan hal-hal berikut ini.

Perlengkapan mendaki atau travelling ke gunung yang satu ini berfungsi untuk membawa semua barang-barang atau perlengkapan mendakimu. Mengapa ransel? Mengapa tidak tas biasa saja? Ransel itu memang sudah didesain oleh para ahlinya atau sang pembuatnya memang untuk kegiatan pendakian atau hiking. Mulai dari bahan yang kokoh, jahitan yang memang sangat kuat, hingga sebuah sistem distribusi beban ketika digunakan yang mempunyai tujuan agar pengguna bisa lebih nyaman dengan beban berat ketika sedang melakukan pendakian. Pilihlah kapasitas ransel yang sesuai dengan badan dan kemampuanmu.

Gunung memang memiliki hawa yang dingin, apa lagi ketika malam hingga dini hari. Jika kamu ingin tidur dengan nyaman dan tidak terlalu merasakan hawa dingin yang menusuk tubuh. Masukkan slepping bag ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung kamu. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan hawa dingin, kamu harus tetap membawa alat penghangat seperti sarung, penutup kepala, maupun syal.

Matras merupakan salah satu perlengkapan tidur selain tenda dan sleeping bag yang wajib kamu masukkan ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung kamu. Matras bentuk dan jenisnya ada beberapa macam. Ada yang hitam sedikit tebal dan ada juga yang berbahan alumunium foil. Bawa matras sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Bawalah pakaian ganti ketika kamu sedang melakukan pendakian dalam jangka waktu pendek maupun panjang, hal itu penting dikarenakan ketika kamu melakukan pendakian banyak hal yang tak terduga seperti ketika hujan tiba, dan baju kamu basah kuyup. Salah satu upaya agar badan tidak kedinginan dan masuk angin sebaiknya ganti baju basahmu dengan baju kering yang kamu bawa.

Perlengkapan mendaki gunung yang kelima adalah jaket. Bawalah jaket yang bisa melindungi tubuhmu dari terpaan angin gunung yang cukup kencang, hawa dingin, dan anti air . Kamu bisa membawa dua jenis jaket ketika mendaki gunung Indonesia pada umumnya. Pertama kamu bisa membawa jaket yang tipis tetapi tetap bisa melindungi kamu dari angin seperti jaket dengan bahan parasut. Jaket tipis ini bisa kamu gunakan ketika sedang melakukan perjalanan jika kamu sudah terbiasa mendaki gunung, tetapi bagi yang terbiasa dengan kaos lengan pendek atau lengan panjang, tidak perlu menggunakan jaket ini karena akan membuat kamu kepanasan dan berkeringat lebih banyak.

Walaupun sudah ada logistik kelompok. Kamu jangan lupa juga untuk membawa logistik pribadi ya. Ini bertujuan untuk keamanan pribadi kamu ketika sedang terpisah dari kelompok yang membawa logistik kelompok. Selain itu, logistik pribadi ini juga akan membantumu jika kamu dalam keadaan darurat seperti tersesat. Jangan lupa bawalah makanan dan minuman ringan pengganjal lapar ketika kamu sedang mendaki gunung, apa lagi mendaki gunung yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Karena di gunung kalian akan terus berjalan dan mengeluarkan banyak tenaga sehingga akan lebih cepat merasa lapar.

Kantong plastik utama yang harus kamu masukkan ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung adalah kantong plastik besar atau biasa disebut trash bag. Trash bag ini memiliki banyak fungsi untuk melindungi semua perlengkapan yang kamu bawa di dalam ransel dan berfungsi sebagai tempat sampah. Kamu juga bisa membawa kantong plastik kecil untuk memasukkan perlengkapanmu yang tidak bisa terkena air ketika hujan. Karena pendaki gunung tidak boleh melakukan sesuatu kecuali 3 hal yaitu jangan mengambil apapun kecuali gambar (foto), jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan membunuh apapun kecuali waktu. Jadi, jangan tinggalkan sampah kamu di gunung

Tidak rugi dan tidak salah jika kamu juga mempersiapkan survival kit ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung kamu. Kita tidak tahu apa saja yang akan terjadi ketika kamu sedang melakukan kegiatan mendaki di gunung. Survival kit ini akan terpakai jika kamu dalam keadaan yang sangat minim seperti ketika kamu sedang tersesat atau terjadi kecelakaan di gunung.

Alat penerangan ini juga harus masuk ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung kamu. Bisa senter genggam, headlamp maupun lampu tenda. Karena kamu pasti membutuhkannya di saat malam hari.

Nah yang terakhir tapi bisa menjadi benda yang sangat penting dan wajib kamu bawa ketika travelling kemanapun yaitu adalah kamera. Dengan kamera kamu dapat mengabadikan momen travelling kamu dan dapat dibagikan ke media sosial. Tak lupa kemana aja travellingnya tetap eksis.

Category : Adventure
    Tag:
  • gunung
  • peralatan gunung
  • peralatan mendaki
  • travelling
  • travellingkegunung
  • mountain
  • mountain gear
  • hiking gear
  • hiking
  • gunung bromo
  • gunung semeru
  • pendaki
  • infopendaki
  • peralatan pendaki
  • pendaki keren
  • travellingan